Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 18 Desember 2013

Macam - macam Search Engine

Semuannya pasti pernah menggunakan web browser Google atau Yahoo untuk mencari kata atau sesuatu hal yang ingin kita ketahui di dalam internet. Sebenarnya mesin pencari Google Yahoo dan lainnya itu adalahSearch Engine, namu tanpa kita  sadari hal tersebut banyak orang yang belum mengerti apa ituSearch Engine sendiri.
Secara singkat Search Engine memiliki arti mesin pencari. Namun menurut IlmuKomputer itu sendiri adalah program computer yang dirancang khusus untuk mambantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam computer, misalnya dalam web server (www) ataupun computer itu sendiri.
Search Engine yang saya bahas kali ini adalah khusus yang digunakan untuk mencari informasi dan berbagai file di internet. Sebagai mempermudah di database yang sangat banyak, Search Engine tersebut menggunakan indeks untuk memilih-milih informasi yang ada didatabase. Ketepatan dan kecepatan pencarian tergantung pada cara pengindeksan dan algoritma pencarian yang digunakan. Jadi dengan search engine tersebut kita dapat mencari segala informasi dari seluruh dunia secara mudah dan cepat dalam pencarian data.
Adapun beberapa manfaat dari Search Engine itu sendiri :

  1. Pencarian lokasi yang digunakan  memiliki indeks hamper  90% menurut survei.
  2. Mempermudah pencarian informasi dalam masyarakat.
  3. Sebuah informasi mudah diakses dimanapun berada
  4. Sebagian besar pengguna tidak melewatkan 2 halaman  pertama dari search engine.

Macam – macam search engine beserta penjelasannya :


Google

Paling popular dan paling banyak digunakan yakni Google. Dengan tampilan yang bersahabat dan berbagai fitur – fitur pendukung yang begitu mengesankan. Selain sebagai mesin pencari web, google sendiri juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian berita dan arsip, serta direktori. Keunggulannya pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, databasenya yang besar serta banyak jenis file yang diindeksnya.









Yahoo!

Mesin pencari tertua didunia, halamannnya tidak begitu ramah untuk pencarian. Yahoo! Menyediakan search.yahoo.com sebagai mesin pencarian. Kelebihannya adalah pada direktorinya. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya.










Bing

Merupakan mesin pencari yang berada dibawah bendera Microsoft. Bing tersebut sebagai bentuk rengkarnasi yang dilakukan oleh Microsoft kepada ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, Live Search, Windows Live Search dan MSN search.











MSN

Mesin pencarian ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari directori. MSN ini adalah mesin pencari ketiga setelah Google dan Yahoo! Menurut Searchenginewatch. Tidak ada pencarian Images, atau News. Tetapi menyediakan pencarian peta, yellow pages, white page, pencarian pekerjaan, rumah.














AltaVista

Pernah menjadi mesin pencari terbesar. AltaVista menyediakan pencarian audio dan video. Keunggulannya terletak pada kelengkapan diantara mesin pencari lainnya.












Ask


Merupakan mesin pencari yang berfungsi untuk mencari informasi berupa gambar, document, video, refrensi dan berita. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar